MENGENANG SEORANG BADI’UZZAMAN (SAID AL-NURSY )
Oleh: Hafidz el_Maqshudy

Terlahir pada tahun 1876 M di sebuah perkampungan yang bernama Nurs, tepatnya di wilayah Bitlis, yaitu daerah timur Anatolia, peristiwa kelahiran tersebut bertepatan dengan masa Sultan Abdul Hamid II naik tahta pemerinatahan othmaniyyah. Bayi tersebut oleh kedua orang tuanya kemudian di berinama “Said”. Siapa tahu beliau yang keurunan kurdi tersebut sehingga tidak berbicara dengan bahasa Turki kemudian hari mendapatkan sebuah gelar, yaitu Badiuzzaman ( Keagungan Zaman). Maka dari itulah kemudian untuk belajar beliau berhijrah ke-Bandar Van. Semasa di Van inilah beliau kemudian mengadakan analisa terhadap pemahaman masyarakat kaum Kurdi terhadap Islam. Maka kemudian beliau membuat kesimpulan untuk mempelajari ilmu-ilmu Sains supaya dapan di sinergikan dengan ilmu islam lainnya. Beliau mempelajari ilmu Fisika, Geografi dan Falak. Dan beliau seterusnya mengusahakan agar ilmu Sains ini dapat diajar seiringan dengan ilmu agama agar mereka yang tidak dapat memahami kecuali melalui ‘bahasa Sains’ akan dapat juga sampai kepada hakikat Iman yang sebenarnya.
Pada 13 Afril 1908 M. ketika sultan Abd Hamid turun tahta karena perebutan kekuasaan oleh partai ittihad ve terakki banyak sekali ulama yang di tangkap dan di jatuhi, termasuk di dalamnya adalah Badiuzzaman Said Annursi, akan tetapi karena kepiawaian beliau berhujjah maka pengadilanpun tidak bisa menuduh sembarangan, maka terbebaslah beliau dari hukuman.
Ketika terjadi perang Dunia pertama beliau dengan sekitar 3000/4000-an anak didiknya bangkit melawan Rusia yang berusaha merebut Bitlis(tempat berperang di sebut juga medan Qofkas), maka setelah banyak sekali tentara Rusia yang tewas akhirnya Bitlis dapat juga di rebut oleh Rusia, dan sekali lagi Said al_Nursi menjadi seorang tawanan, tetapi di dalam penjara-pun dalam berdakwah beliau tidak pernah berhenti, para sesama tawanan ia jadikan ladang dakwahnya. Hingga suatu saat beliau berhasil melarikan diri dari penjara dan kabur ke Siberia, kemudian pergi ke-Eropa dan kembali ke-Istambul melalui
Menjadi langganan penjara.
Di Istanbul, Enver Paşa yang merupakan Timbalan Menteri Pertahanan ketika itu telah mengurniakan Badiuzzaman Said al-Nursi pelbagai anugerah kehormatan di atas jasanya memimpin orang ramai untuk bangkit menentang penjajahan Russia. Enver Paşa juga telah melantik beliau menjadi anggota Darü’l-Hikmeti’l-Islamiye ( Daru Al-Hikmah Al-Islamiyyah), sebuah akademi yang menghimpunkan sarjana Islam di Istanbul ketika itu.
Setelah perang kemerdekaan dan dengan terbentuknyaTurkish Grand National Assembly, Ataturk cs. Memasukkan beliau dalam cabinet pemerintahannya. Tapi kemudian karena beliau melihat anggota cabinet yang tidak patuh terhadap islam, maka beliau-pun mentanganya dan memutuskan keluar. Beliau menegur Ataturk dan anggota cabinet lainnya:” Tidak ada kebaikan yang saya harapkan dari golongan orang yang mengabaikan sholat”. Maka walhasil beliaupun selalu bolak-balik menjadi langganan buih. Hingga karya terbesar beliau, yaitu ” Tafsir Rosail an_Nur” kebanyaka di tulis ketika beliau berada didalam buih.
Kembali pada tahun 1935 beliau di masukkan ke-buih dengan tuduhan memimpin gerakan bawah tanah untuk mereongrong pemerintah dan juga dengan tuduhan beliau menghina Ataturk sebagai ”Dajjal dan Pembinasa Agama”. Akhirnya setelah sembilan bulan dalam proses beliaupun terbebas dari tuduhan, akan tetapi bukannya di bebaskan, beliau kemudian malah di tahan lagi di Emirdag, sebuah daerah di Afyon. Dan baru pada tahun 1952 beliau dapat pulang ke-Istambul, tapi tak lama kemudian beliau kembali lagi ke-Emirdag dan pada masa inilah risalah-risalahnya di kumpulkan dan ditulis dengan huruf arab, yang kemudian di sebarkan ke-Masyarakat banyak. Murid beliaupun dari waktu ke-waktu semakin banyak khususnya setelah periode tahu 50-an pada masa pemerintahan Ismet Inohu.
Pada saat itu beliau telah-lah menjadi pembimbing besar Ummat Islam di Turki, di mana tulisan beliau dalam menafsirkan Qur’an tidak mengikuti susunan surat atau ayat, sebaliknya menurut kepeluan masyarakat yang berangkat dari setiap kejadian-kejadian dari masa ke-masa. Hingga jadilah tulisan beliau sebagai “Tafsir Kauni” menjadi karya besar yang sangat berguna bagi Ummat Islam.
Wafatnya Sang Badiuzzaman Said al_Nursy.
Pada tahun 1960 Ummat Islam di Turki dan di tempat lainnya kehilangan seorang tokoh besar dengan meninggalnya beliau memenuhi panggilan Rabb-nya, ini bertepatan ketika beliau berkeinginan untuk pindah dari Isparta ke-Urfa. Pada tanggal 23 Mac 1960 bersamaan 25 Ramadhan 1379 H Beliau selamat dikebumikan di Urfa dengan di hadiri oleh banyak sekali Ummat Islam dari banyak tempat.

Beliau meninggalkan dunia dengan meninggalkan banyak sekali karya besar yang sangat berharga sekali bagi Ummat Islam, di antaranya adalah:
1.Rasâil al-Nur yang terdiri daripada 130 Risalah,yang terbagi kepada:
- Sözler (al-Kalimât) yang terdiri daripada 33 Risalah.
- Mektubât, terdiri daripada 50 Risalah.
- Lem’ât, terdiri daripada 15 Risalah.
- Juzuk tambahan kepada Rasâil al-Nur iaitu Lâhika Kastamonu, Lâhika Emirdağ dan Lâhika Barla.
2..Tulisan-tulisan lain seperti İşaratü'l-İ'caz, Mesnevi-i Nuriye dan sebagainya.
Kemudian dengan cara dakwah penyampaian beliau inilah yang selain terhindar dari banyak perselisihan, juga dapat memecahkan tradisi kebekuan pengajian ilmu-ilmu islam. Cara beliau dalam menjelaskan melalui penggabungan Syari’ah dan Sains dengan saling mempergunakan ke-dua ilmu tersebut untuk memahami hakikat Iman dan Islam yang sesungguhnya.
Akhir kata semoga setelah membaca sekilas tentang beliau ini, kita dapat dapat menjadi Badi’uzzaman-Badi’uzzaman yang baru lagi. Dan untuk Said al_Nursy semoga Allah menjadikan seluruh risalah tulisan beliau sebagai timbangan kebaikannya di akhirat nanti. Wallahu a’lamu bisshawab.

0 komentar:
Posting Komentar